Fakta unik mengungkap bahwa brand-brand dunia yang menggunakan Instagram mempunyai engagement rate 60 kali lebih tinggi daripada dua media sosial populer lain, yakni 4.21%, dikomparasikan Facebook setinggi 0.07% dan Twitter sebesar 0.03%.
Engagement rate ialah sebuah indikator interaksi antara suatu akun media sosial dengan followers-nya. Engagement rate diukur menurut jumlah comments, likes, dan followers.
Followers yang menyukai konten unik akan menyalurkan konten tersebut ke orang-orang yang mereka kenal sampai-sampai jumlah followers ikut bertambah.
Berikut ialah 4 trik jitu guna memaksimalkan engagement rate akun Instagram:
1. Otentisitas
Jika konten Anda serupa dengan konten akun lain, maka bisa jadi follower akan malas untuk memberi like, berkomentar, menyebarkan, apalagi mengikuti akun Anda.
Untuk menambah engagement rate suatu akun, Anda mesti inovatif, kaya bakal ide-ide segar, dan menghibur.
2. Konsistensi
Pengguna Instagram memfollow akun Anda sebab mereka menyukai konten yang kita unggah, dan konten itu mewakili image atau brand dari bisnis Anda.
Karena itu, konten yang kita unggah harus konsisten untuk memulai loyalitas follower, yang mungkin akan menyebarkan bisnismu untuk follower baru.
3. Relevansi
Konten-konten yang relevan dengan tren baru akan menstimulasi followers guna berinteraksi lebih intens dengan akun Anda.
4. Partisipasi
Strategi ini dapat dilaksanakan dengan teknik menciptakan persaingan dengan imbalan tertentu. Misalnya, undang semua followers untuk mengunggah foto sesuai dengan tema dan hashtag yang sudah Anda tentukan.
Jika menarik, ada kesempatan bahwa akun lain bakal ikut berpartisipasi dalam persaingan yang kita buat sampai-sampai mereka turut menyebarkan hashtag dan memikat pengguna lain untuk mengikuti akun Anda.
Follow juga akun Instagram TipsTrik.id